Kamis, 12 Maret 2009

Cara Berinteraksi Yang Baik

Dalam menjalin interaksi hidup manusia di dunia ini sering kita alami kendala-kendala yang mungkin sebenarnya tidak perlu terjadi jika kita bisa memahami semua karakter dan sifat orang lain.

Perlu diketahui bahwa walaupun secara umum karakter dan sifat manusia sama, tetapi dalam diri manusia sendiri terdapat karakter yang lebih dominan yang membedakan kita dengan orang lain termasuk orang tua kita dan saudara kita yang walaupun mungkin itu audara kembar kita.
Dan mungkin ada sedikit harus kita jadikan pegangan selamanya bahwa karakter dan sifat semua manusia bisa berubah-ubah dan bahkan mungkin dalam hitungan detik.

Ada sedikit cara untuk mengetahui tentang karakter dan sifat orang lain serta menjalin komunikasi / interaksi yang lebih baik dengan orang lain :


1. Liatlah pandangan dan sorot matanya.

Cara pandangan dan sorot mata akan memberi gambaran tentang kondisi dan keadaan dia saat itu.
Ketika dia sedang emosi, sedih, bahagia, atau sedang memendam sesuatu yang hanya ingin disembunyikan oleh dirinya sendiri.

2.Pemilihan kata yang baik

Kata-kata merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan baik tertulis maupun lisan.
Lebih dari itu ternyata pemilihan kata-kata dapat memberi gambaran karakter dan sifat orang
lain secara keseluruhan dan lebih spesifik karena pemilihan kata-kata sering menjadi kebiasaan orang lain, misalnya dia yang biasanya berkata-kata romantis, ramah dan lainnya tapi suatu hari yang terjadi justru sebaliknya, hal itu menunjukkan kalau pada saat itu ada yang berubah dari orang tersebut.

3. pahami ekspresi
ekspresi saat orang berkomunikasi dengan kita selalu berbeda-beda, karna itu kita harus bisa memahami ekspresinya. apakah itu berarti dia memahami topik pembicaraan atau dia hanya mencoba bersimpati terhadap lawan bicaranya ataukah mereka merasa topik pembicaraan itu tidaklah penting dan juga mereka bisa menimbulkan rasa panik terhadap diri kita yang mengakibatkan kegagalan berkomunikasi. mungkin dengan kita bisa mengetahui ekspresi seseorang itu kita bisa mengendalikan situasi yang lebih teratur dalam berkomunikasi.

4. pemilihan topik

dalam berkomunikasi terkadang seseorang sulit memilih topik pembicaraan yang lebih baik. alangkah baiknya kita mengambil topik yang lebih mendidik atau topik mengenai informasi baru (bukan gosip maksudnya) mengenai something new in this world. . .


masih banyak beberapa cara agar kita menjadi seseorang yang bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan baik. mungkin ini adalah beberapa cara saya memperbaiki cara berkomunikasi dengan baik dengan orang lain. . .dan mohon maaf apabila masih ada kekurangan mungkin hanya sampai disini yang saya ketahui. . .

Semoga bermanfaat buat semua orang yang ingin belajar mengerti dan dimengerti orang laen. serta menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar